Langsung ke konten utama

PROPOSAL PEMBANGUNAN JARINGAN KOMPUTER RUANG KELAS || RANCANG BANGUN JARINGAN

PROPOSAL PEMBANGUNAN JARINGAN RUANG KELAS

Tugas Hasil Karya Belajar dan Berlatih
Diajukan untuk Memenuhi Permintaan Guru Pembimbing
Sebagai Peserta Didik

Disusun oleh:
....
....

Teknik Komputer Jaringan

LEMBAR PENGESAHAN
            Proposal ”Pembangunan Jaringan Ruang Kelas” sebagai tugas hasil karya belajar dan berlatih telah disetujui dan disahkan pada:
Hari                 : Rabu
Tanggal           : 15 November 2017

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita bisa menyusun dan menyelesaikan Tugas yang berisi tentang “Pembangunan Jaringan Ruang Kelas” untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang didapat selama ini.
            Terselesaikannya Tugas ini tidak lepas dari dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kita selaku penyusun ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat mengerjakan dan menyelesaikan Tugas ini.
2.      Segenap keluarga yang telah memberikan do’a restu dan dukungannya.
3.      Bapak Suharto, SST selaku Kepala Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK N 1 Magelang.
4.      Bapak Johny Siahaan, SST selaku Pembina kami.
5.      Bapak Permadi Afrian selaku Pembimbing kami.
6.      Semua yang telah membantu dalam menyusun dan menyelesaikan Tugas ini.
Kami selaku penyusun menyadari bahwa dalam menyusun proposal ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna perbaikan untuk kedepannya. Kami juga mohon maaf apabila dalam penyusunan Tugas ini terdapat kesalahan pengetikan ataupun kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud kami.
Magelang, 15 November 2017


Penyusun


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

      Teknologi dan komunikasi dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksibel, serba mudah, dan mengejar efisiensi di segala bidang, sehingga kebutuhan akan informasi dan komunikasi pun meningkat. Terutama bagi para siswa-siswi, guru, dan karyawan, pebisnis dan lainnya.

Dengan semakin bertambahnya pemakaian komputer, semakin besar kebutuhan akan pentransferan data dari satu terminal ke terminal lain yang dipisahkan oleh satuan jarak dan semakin tinggi kebutuhan akan efisiensi penggunaan alat-alat kantor (seperti printer dan plotter) dan waktu perolehan data base, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan suatu jaringan yang menghubungkan terminal-terminal yang ingin berkomunikasi dengan efisien. Jaringan tersebut dikenal dengan Local Area Network (LAN).
Dunia pendidikan pun tak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi yang semakin pesat ini. Dalam pelaksanaannya, beberapa instansi pendidikan sudah menerapkan penggunaan jaringan komputer sebagai salah satu metode pembelajarannya. Metode pembelajaran ini dikenal sebagai Teknik Informatika dan Komputer. Dalam hal ini, beberapa instansi pendidikan terkait menerapkan penggunaan jaringan komputer sebagai metode pembelajaran. Dengan begini, jaringan komputer memegang peranan yang cukup penting dalam dunia pendidikan.

1.2 Tujuan
          Adapun tujuan dari pembanguan jaringan pada sebuah ruang kelas adalah sebagai berikut:
  1. Membantu dalam mempersiapkan semua unit komputer baik secara software maupun hardware serta dapat terhubung dengan jaringan komputer local area network ( LAN ).
2.      Mempermudah komunikasi dalam sekolah.
3.      Meningkatkan kinerja dalam segala kegiatan yang dilakukan di sekolah.
4.      Pengolahan data serta pengamanan data untuk mengaksesdata yang lebih berkualitas.


1.3 Landasan Teori
Pengertian Jaringan Komputer
          Kata “jaringan komputer” mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga kita, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.
Istilah jaringan komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Jaringan komputer memungkinkan penggunanya dapat melakukan komunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer sangat diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga diperolehlah suatu data yang relevan.
Pengertian LAN (Local Area Network)
LAN merupakan singkatan dari Local Area Network, yang mana merupakan sebuah jaringan komputer dengan skala kecil (local) seperti gedung perkantoran, sekolah atau rumah. LAN umumnya digunakan untuk berbagi resource dalam suatu gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung oleh jaringan luar atau internet. Namun apabila suatu LAN dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya maka akan terbentuk suatu jaringan yang disebut Metropolitan Area Network (MAN).
Untuk membangun sebuah LAN dapat menggunakan metode wired (kabel), wireless (tanpa kabel) ataupun keduanya. Untuk LAN jenis wired dibangun menggunakan Ethernet dan untuk membangun LAN jenis wireless menggunakan sinyal Wi-Fi. Kebanyakan untuk LAN yang digunakan pada rumah-rumah menggunakan sebuah router untuk membuat sebuah jaringan sekaligus mengelolah perangkat yang terhubung dengannya. Router tersebut berperan sebagai pusat koneksi dan memungkinkan perangkat seperti komputer, laptop, handphone dan tablet untuk dapat saling terhubung. Biasanya router tersebut terhubung dengan sebuah kabel atau modem untuk menyediakan akses internet pada perangkat yang terhubung.
BAB 2
PERENCANAAN
2.1 Blueprint Gedung


2.2 Desain Jaringan

2.3 Kebutuhan Perangkat
Perangkat Jaringan
No.
Nama Perangkat
Jumlah
Harga
1.
PC Server
1 unit
Rp  20.000.000
2.
PC Client
90 unit
Rp 405.000.000
3.
Switch Hub TPLink 24 Port 10/100 TL-SF1024
6 unit
Rp 4.200.000
4.
Kabel UTP
3 rol
(300 meter/rol)
Rp 4.200.000
5.
NIC
90 unit
Rp 22.500.000
6.
Konektor RJ-45
4 Kotak
(50 pcs/kotak)
Rp 600.000

Total
Rp 532.100.000

Properti
No.
Nama Barang
Jumlah
Harga
1.
Meja Komputer
90 unit
Rp 31.050.000
2.
Kursi
90 unit
Rp 21.500.000

Total
Rp 52.550.000

Spesifikasi Komputer
PC Client Standard
Processor
Intel i3 4170 Box (3.7 GHz, C3MB, Haswell Series) Intel LGA 1150
Motherboard
Asus H81M-D Intel socket 1150
Memory
Silicon Power 4GB PC 1600/12800 DDR3
Hardisk
Seagate SATA III 500 GB 7200 RPM 3.5 inch
Casing
Power Up Elgrand with PSU 500W + Fan 12 cm Micro ATX
Optical Drive
LG DVD RW Sata 24x OEM Internal
LCD
AOC 19 inch E2070SWNE
Keyboard
Logitech K120 USB Keyboard
Mouse
Logitech B100 Optical USB
Harga
Rp 4.500.000

PC Server Intel Xeon E5
Processor
Intel E5-2620v2 (2.10 GHz, C15MB, 7.20 GT/s) Processor LGA 2011
Motherboard
Intel DBS2600CP2 Intel Socket 2011
Memory
A-Data ADR3R1600W4G11-BMIIE 4GB PC 12800 ECC REG Memory
Hardisk
Seagate Constellation ES SATA III 2TB 7200 RPM for server
Casing
Supermicro CSE-823TQ-65653LPB 2U Chassis Black Colour Casing
Harga
Rp 20.000.000
BAB 3
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
          Dalam perancangan sebuah jaringan diperlukan rancangan serta kesiapan dalam membuat jaringan tersebut. Diperlukan perangkat – perangkat keras serta topologi agar tercipta jaringan yang diminta. Adapun hal tersebut agar nantinya jaringan yang diminta sesuai dengan permintaan dan dapat digunakan sesuai kebutuhan.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPUTER TERAPAN || UART, USART, SCI, SPI, ADC, DAC

MATERI KOMPUTER TERAPAN 1.       UART UART atau Universal Asynchronous Receiver-Transmitter adalah bagian perangkat keras komputer yang menerjemahkan antara bit-bit paralel data dan bit-bit serial. UART biasanya berupa sirkuit terintegrasi yang digunakan untuk komunikasi serial pada komputer atau port serial perangkat periperal. UART sekarang ini termasuk di dalam beberapa mikrokontroler (contohnya, PIC16F628). Asynchronous memungkinkan transmisi mengirim data tanpa sang pengirim harus mengirimkan sinyal detak ke penerima. Sebaliknya, pengirim dan penerima harus mengatur parameter waktu di awal dan bit khusus ditambahkan untuk setiap data yang digunakan untuk mensinkronkan unit pengiriman dan penerimaan. Saat sebuah data diberikan kepada UART untuk transmisi Asynchronous, "Bit Start" ditambahkan pada setiap awal data yang akan ditransmisikan. Bit Start digunakan untuk memperingatkan penerima yang kata data akan segera dikirim, dan memaksa bit-bit sinya

LAPORAN INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP || INFO KOMPUTER

LAPORAN INSTALASI DAN KONFIGURASI FTP Disusun oleh : Samoedra Rizki Arivian H (29) Mohammad Farrel Raihan (18) SMK NEGERI 1 MAGELANG                      Tahun Pelajaran 2017/2018           KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum Wr.Wb.             Segala puji dan syukur saya ucapkan kehadirat Tuuhan YME. Yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan resmi praktikum Teknologi Komputer Jaringan dengan judul LAPORAN INSTALLASI DAN KONFIGURASI ini dengan baik. Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata pelajaran Pemrograman Dasar.             Pada kesempatan ini tidak lupa saya mengucapakan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini.             Semoga Allah swt. Senantiasa memberikan berkat, rahmat, serta karunia-Nya kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan dan seluruh bantuan.             Saya menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih